Minggu, 03 Februari 2013

10 Penemuan Paling Menarik

1. Penemuan Higgs Boson
Para ilmuwan di Large Hadron Collider telah melalui lima dekade untuk menemukan Higgs Boson pada bulan Juli. Partikel yang telah lama dicari ini melengkapi  elemen-elemen lain, seperti proton dan elektron, dan merupakan bagian terakhir dari Standard Model, yang mendeskripsikan interaksi dari semua partikel dan kekuatannya. Penemuan ini menjadi amat penting bagi bidang fisika dasar.
2. Penasaran akan Mars?
Jutaan orang berusaha menjadi saksi pendaratan  NASA’s rover (pengelana) untuk menjelajah Mars pada bulan Agustus. Mereka penasaran dengan informasi tentang batuan, regolith dan atmosfer di Mars. Namun yang terpenting, pesawat ini mengirimkan foto yang sangat banyak, yang memberikan pengetahuan baru. Rover akan melanjutkan misinya selama 2,5 tahun menjelajahi  Mount Sharp, mencari senyawa organik, dan memperhatikan bila ada  tanda-tanda adanya habitat di Mars, baik pada  masa lalu ataupun masa kini.
20121231-005321.jpg
3. Perkembangan Jenis Genetik yang Unik
Studi genomics tentang penyakit, menghasilkan kenyataan yang tidak mengenakkan, dari semua penyakit yang umum dan ancamannya yang nyata, peneliti hanya dapat menghubungkan sebagian kecil di antaranya dengan gen, sehingga mereka menamakannya teka-teki warisan yang hilang (conundrum the missing heritability). Penemuan lain yang didapatkan adalah variasi genetik yang berbahaya merupakan hal yang benar-benar baru, sehingga belum jelas seperti apa, dan dapat menyebabkan masalah bagi kesehatan manusia.
4. Urutan Genome untuk Janin
Pada bulan Juni,  ilmuwan dari Universitas Washington di Seattle mengumumkan kesuksesan mereka mengurutkan gen janin yang lengkap dengan menggunakan sedikit DNA dari darah  ibu. Sebelumnya, DNA/RNA bentuknya non-coding. Tidak seperti teknik sebelumnya, cara ini tidak memiliki resiko pada bakal calon bayi. Penemuan ini bisa digunakan untuk keperluan medis, seperti penyakit bawaan, informasi mengenai ciri-ciri kepribadian dan fisik anak.
5. Rekor Teleportasi Quantum Telah Dipecahkan
Dua peneliti  dari China dan Austria, memecahkan rekor dunia dengan melakukan teleportasi partikel quantum lebih dari 50 miles melalui udara terbuka. Trik yang digunakan adalah melibatkan dua partikel, seperti photons, sehingga mereka memiliki sifat yang sama.  Yang dikembangkan sekarang adalah melakukan teleport partikel ke satelit dan memindahkan mereka ke lokasi manapun di bumi.
20121231-005047.jpg
6. Kode Baru Kimia
Selama tiga milyar tahun, informasi tentang kehidupan dinyatakan disimpan pada DNA dan RNA. Saat ini muncul yang ketiga,  yaitu  XNA, sebuah polimer yang disintesiskan oleh ahli biologis Vitor Pinheiro dan Philipp Holliger dari The Medical Research Council di Inggris. Seperti DNA, XNA mampu menyimpan informasi genetika dan kemudian dikembangkan  melalui seleksi alam. Tidak seperti DNA, XNA dapat dimanipulasi dengan hati-hati. Rencananya kode ini akan digunakan untuk pengobatan dan keperluan industri.
7. SpaceX Meluncurkan Pesawat ke International Space Station (ISS)
Setelah sukses meluncurkan pesawat luar angkasa Dragon mengelilingi bumi di tahun 2010, SpaceX  mengirimkan Dragon ke ISS pada bulan Mei. SpaceX merupakan perusahaan swasta pertama yang melakukan hal itu. CEO SpaceX, Elon Musk, menyatakan berulang kali bahwa dia mengharapkan suatu saat ada koloni manusia di Mars.
8. Kembaran Planet Bumi
Sebuah batu, dengan ukuran seperti  bumi, mengorbit pada Alpha Centauri B, bintang yang paling dekat dengan sistem gugus bintang kita. Dilaporkan pada bulan Oktober, planet itu hanya berjarak 4,4 tahun cahaya dari bumi. Para ilmuwan menduga masih ada planet lain yang menyerupai bumi dari tiga bintang Alpha Centauri.
9. Ilmuwan Mencapai Danau  Vostok
Setelah satu dekade menggali, ilmuwan Rusia akhirnya berhasil mencapai danau Vostok yang telah  14 juta tahun terkubur di bawah es, pada bulan Februari. Vostok adalah danau yang terbesar di dunia. Ilmuwan Rusia melakukannya dengan memecah permukaan dan menggali es sedalam  2,2 miles.
20121231-005232.jpg
10. Mengakhiri Penelitian dengan Menggunakan Simpanse yang Merugikan
Selama beberapa dekade, penyelidikan dengan menggunakan simpanse memunculkan pertentangan dalam hati nurani ilmu medis di Amerika Serikat. Saudara terdekat manusia itu memiliki kemampuan berpikir dan berperasaan yang sama seperti manusia, sehingga ribuan simpanse telah ditangkap untuk kepentingan penelitian.  Namun tahun 2012 memunculkan tren, lembaga-lembaga penelitian akan berhenti menggunakan simpanse sebagai kelinci percobaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar